February 9, 2014

Bukan Hanya Soal Pesona

Saya rasa banyak pria akan terpesona dengan gadis bersuara merdu, lincah, cantik, periang dan lucu. Ia adalah seorang aktris teater yang di dalam setiap pertunjukannya tampil mempesona dan membuat para penontonnya tertawa sekaligus gemas. Itulah yang ditampilkan dalam film Funny Girl yang dibintangi Barbra Streisand dan Omar Sharif. Barbra menunjukkan segenap kemampuannya yang sangat berkemilau dalam perannya sebagai Fanny Brice.

Nick Arnstein (Omar Sharif) kemudian jatuh hati padanya. Di pertemuan mereka yang pertama Nick pun tampak tak kalah mempesona. Ia tampil sebagai gentleman yang tampan. Ia sangat sopan dalam bertutur, dan menampilkan bahasa tubuh yang memikat. Segenap upayanya untuk menarik hati Fanny berhasil.

Namun, badai tiba juga. Nick, yang tak punya pekerjaan apa pun kecuali berjudi, suatu ketika mengalami krisis keuangan. Karena ia tipe pria yang selalu menjaga gengsi, ia tak mau menerima bantuan Fanny untuk terlibat dalam sebuah usaha yang dimodali oleh Fanny. Malah, Nick justru terlibat dalam penggelapan uang dan dipenjara 18 bulan.

Nick meminta Fanny untuk menceraikannya, tapi Fanny tak melakukannya. Keputusan inilah yang membuat saya merenung lagi tentang makna cinta yang sejati: komitmen. Apa pun pesona dari pasangan kita yang membuat kita tertarik di masa lalu, suatu saat dapat kita abaikan. Rasanya itu tak penting lagi. Dan cinta bukan hanya soal pesona, namun komitmen. Pada akhirnya, komitmenlah yang membuat sepasang kekasih mampu untuk tetap saling mencintai. -- Sidik Nugroho

"Seorang suami yang bijaksana dan seorang istri yang sabar berarti sebuah rumah yang nyaman dan kehidupan yang bahagia." 
~ Peribahasa Belanda ~

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.